Jalan-Jalan : Museum Tekstil

Jika Si Kecil suka sekali menggambar, ada tempat seru baginya untuk berkreasi, Parents. Yaitu Museum Tekstil dimana Si Kecil bisa melukis diatas sehelai kain yang dinamakan dengan membatik. Tentunya ini akan menjadi pengalaman baru bagi mereka.

Museum Tekstil ini terletak di pusat kota Jakarta, yaitu di Jl. Aipda K.S Tubun No. 2 – 4 Petamburan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Dengan biaya yang relatif murah, Si Kecil dapat mengikuti kursus membatik. Ia akan merasakan serunya membuat pola menggunakan canting, merebus, meluruhkan malam serta menjemur kain batik hasil karya buatannya sendiri. Si Kecil dapat menggambar dengan motif apa saja sesuai dengan
minatnya sendiri.

Sebenarnya Museum Teksil sudah sejak lama menyediakan kursus membatik untuk anak-anak. Hal ini salah satu upaya untuk menyelamatkan batik dari kepunahan. Diharapkan Si Kecil nantinya tahu sejarah dan cara membuat batik.

Ada 2 pilihan kursus yang dapat diikuti oleh Si Kecil di Museum Tekstil. Pertama, membuat batik Jumputan yaitu membuat batik dengan teknik pewarnaan kain dengan bahan-bahan alami yang hasilnya nanti dapat dibawa pulang. Kursus yang kedua diperuntukkan untuk anak yang lebih besar. Mereka akan membuat batik dengan menjiplak gambar sesuai yang mereka suka pada kain katun seukuran saputangan di atas sebuah meja kaca. Untuk lebih jelas, dibawah meja kaca sudah diberikan lampu neon untuk menerawang.

Setelah itu anak akan diberikan canting untuk menebalkan gambar dengan menggunakan malam atau lilin yang sudah dilelehkan. Setelah itu proses pewarnaan dengan merendam kain pada cairan pengikat warna dan direbus untuk menghilangkan malam. Pada proses terakhir, untuk mengeringkan kain harus dijemur terlebih dahulu. Hasilnya tentu dapat dibawa pulang. Seru kan, Parents? Pastinya anak-anak akan merasa bangga mempunyai batik kreasi hasil buatan sendiri.

Museum Tekstil sangat serius dalam melestarikan dan memperjuangkan budaya batik. Tidak ada salahnya kita turut membantu mempromosikan batik sebelum diklaim oleh negara lain. Mari membatik! (SM)
MORE ARTICLES
Si Kecil Pemalu
Jika si Kecil Ngemil
Mengatasi Kecemasan Si Kecil
Dibutuhkan Ahli Matematika 10 Tahun ke Depan
Telur, Kelinci, dan Paskah

0 Comments

Leave your comments by :

Sign up for daily tips and ideas that will enrich your child's education.


JOBS TODAY

Teacher, Assistant Teacher & Mandarin Teacher

Blossoms A Montessori Creative Kindergarten

Preschool Teacher & Assistant Teacher

Discovery Zone Preschool - Muara Karang

Preschool teacher

Play Dough Preschool

Math Teacher, Homeroom Teacher, Assistant Teacher

Harvest Christian School

Receptionist & Administration Staff

Kids World Educational Centre

TESTIMONIALS

Ilham Ramanda

"Personaly i know this person who develop sekolah123.com. he is hard worker and the one who you can trust to."

Atik Nur Hasanah Rahmawati

"Congratulation for creating this wonderful website,, I am sure that it will be very useful for us in teaching and learning field,,, Good wishes for the next development ,,May God bless us,,,"