Dibutuhkan Ahli Matematika 10 Tahun ke Depan

Sekarang ini ilmu eksakta memegang peranan penting dalam dunia pendidikan, Parents. Mulai muncul model pendidikan STEM, yaitu Sains, Teknologi, Teknik dan Matematika yang merupakan cabang dari ilmu eksakta yang dipercaya menjadi kunci sukses bagi anak-anak sekarang ini. Sekitar 80 persen pekerjaan membutuhkan generasi yang ahli dalam matematika, ilmu pengetahuan dan juga teknologi dalam 10 tahun mendatang.

Afan Suryadi dari Franchise Division Director Eye Level dalam diskusi tentang pendidikan mengatakan STEM tidak hanya sekadar meningkatkan kualitas hidup tetapi juga meningkatkan daya saing SDM Indonesia di kancah dunia. Tetapi saat ini prestasi di bidang sains dan matematika siswa Indonesia sedang menurun. Dalam bidang sains, Indonesia berada di urutan ke-40 sedangkan dalam bidang matematika pada urutan ke-38 dari 42 negara.
Pendidikan dengan model STEM ini mengasah anak-anak dalam bernalar dan berpikir kritis dalam memecahkan masalah disamping memahami hal yang lebih kompleks dan kreatif dalam mencari solusi. Kemampuan dalam bidang sains dan matematika semakin dibutuhkan nantinya, maka dari itu prestasi Indonesia harus ditingkatkan lagi diikuti dengan SDM yang berkualitas.

Tuti Tuarsih seorang pemerhati pendidikan di Kabupaten Lebak berujar selama ini nilai matematika pada ujian sekolah dan ujian nasional relatif rendah. Masalahnya terletak pada kurangnya kreatifitas guru dalam proses belajar mengajar. Penyampaian pelajaran matematika dinilai tidak menggunakan metode yang menyenangkan.

Para guru diharapkan juga harus melakukan pembenahan untuk meningkatkan cara mengajarnya supaya anak-anak lebih tertarik dalam belajar ilmu eksakta. Kebanyakan anak-anak menganggap pelajaran eksakta sangat menakutkan dibandingkan dengan pelajaran lainnya. Penyampaian materi yang menyenangkan dan juga hubungan yang dekat dengan anak-anak merupakan modal utama. Maka dari itu dibutuhkan pelatihan-pelatihan dengan berbagai model soal dari yang mudah hingga rumit agar kualitas guru-guru eksakta jauh lebih baik sebelumnya. (SM)
MORE ARTICLES
Si Kecil Pemalu
Jika si Kecil Ngemil
Mengatasi Kecemasan Si Kecil
Jalan-Jalan : Museum Tekstil
Telur, Kelinci, dan Paskah

0 Comments

Leave your comments by :

Sign up for daily tips and ideas that will enrich your child's education.


JOBS TODAY

Teacher, Assistant Teacher & Mandarin Teacher

Blossoms A Montessori Creative Kindergarten

Preschool Teacher & Assistant Teacher

Discovery Zone Preschool - Muara Karang

Preschool teacher

Play Dough Preschool

Math Teacher, Homeroom Teacher, Assistant Teacher

Harvest Christian School

Receptionist & Administration Staff

Kids World Educational Centre

TESTIMONIALS

Ilham Ramanda

"Personaly i know this person who develop sekolah123.com. he is hard worker and the one who you can trust to."

Atik Nur Hasanah Rahmawati

"Congratulation for creating this wonderful website,, I am sure that it will be very useful for us in teaching and learning field,,, Good wishes for the next development ,,May God bless us,,,"