Sunat dan Si Kecil

Sunat atau yang dikenal dengan nama kedokteran sirkumsisi adalah memotong dan membuang lapisan luar pembungkus ujung penis atau kulup.  Sunat disini hanya khusus dilakukan oleh Si Kecil yang berkelamin laki-laki. Meskipun ada juga sunat untuk perempuan, tetapi sangatlah jarang dilakukan.

Tujuan dari sunat ini untuk menjaga kesehatan organ penis karena di balik kulup terdapat tempat ideal bagi kotoran, virus dan bakteri dari urin untuk bersembunyi. Jika tidak dibersihkan, maka dapat menyebabkan infeksi serta menimbulkan berbagai macam penyakit pada kelamin, di antaranya mencegah infeksi saluran kemih, herpes kelamin, Human Papiloma Virus (HPV), kanker penis hingga AIDS.

Manfaat sunat jauh lebih besar ketimbang resikonya dan bahkan telah menjadi bahan diskusi pada beberapa dekade terakhir. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan program AIDS PBB pun telah mengeluarkan pengumuman resmi pada tahun 2007 bahwa sunat pada anak laki-laki secara signifikan dapat melindunginya dari bahaya HIV.

Menurut dr. Alexandra, Sp.BA, dari RS Harapan Kita, Jakarta, ada beberapa metode sunat yang digunakan saat ini dari yang paling sederhana hingga yang paling canggih:

Konvensional
Metode ini dilakukan secara manual dengan menggunakan gunting atau pisau bedah lalu diikuti dengan menjahit untuk menutupi luka. Cara seperti ini merupakan cara paling umum di Indonesia karena dapat dilakukan oleh dokter, mantri ataupun juru sunat. Prosesnya sekitar 30 hingga 45 menit dengan waktu penyembuhan luka sekitar 1 minggu.

Cauter
Dalam metode ini, dokter menggunakan alat potong yang memanfaatkan panas listrik di ujungnya yang dikenal dengan nama cauter atau electric cauter. Banyak orang yang berpikir ini adalah metode laser padahal ini sama sekali tidak menggunakan laser. Hampir tidak ada pendarahan pada bekas lukanya. Prosesnya pun lebih cepat, sekitar 20 menit dengan waktu penyembuhan luka sekitar 4-5 hari.

Laser
Metode ini harus dilakukan oleh dokter yang benar-benar sudah sangat berpengalaman dan harganya cukup mahal sehingga masih sangat jarang digunakan. Waktu sunat pun jauh lebih cepat, hanya membutuhkan 10 -15 menit dengan waktu penyembuhan yang cepat.

Smart Clamp
Metode yang satu ini bisa dibilang sangat baru dan termasuk yang paling aman dan cepat. Sebuah tabung sekali pakai diselubungkan ke penis lalu kulup yang akan dipotong akan dijepit pada perbatasan batang dan kepala penis. Setelah itu dipotong dengan pisau bedah mengikuti alur yang sudah dibuat sebelumnya. Pendarahan pun tidak terjadi karena pembuluh dara tertutup oleh klem. Klem akan terus berada di tempatnya sampai luka mengering kira-kira di hari ke-4 sehingga tidak memerlukan jahitan dan perban. Si Kecil pun dapat langsung beraktivitas setelah prosedur sunat selesai.

Beberapa tips untuk Parents agar memperhatikan sebelum dan sesudah melakukan sunat untuk Si Kecil.

  • Beri penjelasan pada Si Kecil alasan ia harus melakukan sunat. Jika ia belum siap, Parents bisa menundanya hingga ia siap
  • Dampingi Si Kecil selama proses berlangsung
  • Usahakan sunat dilakukan pada saat libur sekolah
  • Jika ada pendarahan yang terus terjadi, segera hubungi dokter
  • Jaga luka bekas sunat agar tetap kering selama beberapa hari agar luka cepat mengering
  • Kenakan celana longgar untuk mencegah gesekan pada luka bekas sunat
  • Gunakan tisu untuk membersihkan bekas urin setelah buang air kecil
  • Kontrol ke dokter setelah beberapa hari melakukan sunat, hanya untuk memastikan luka benar-benar sudah sembuh dan kering

(SM)

MORE ARTICLES
Si Kecil Pemalu
Jika si Kecil Ngemil
Mengatasi Kecemasan Si Kecil
Jalan-Jalan : Museum Tekstil
Dibutuhkan Ahli Matematika 10 Tahun ke Depan

0 Comments

Leave your comments by :

Sign up for daily tips and ideas that will enrich your child's education.


JOBS TODAY

Teacher, Assistant Teacher & Mandarin Teacher

Blossoms A Montessori Creative Kindergarten

Preschool Teacher & Assistant Teacher

Discovery Zone Preschool - Muara Karang

Preschool teacher

Play Dough Preschool

Math Teacher, Homeroom Teacher, Assistant Teacher

Harvest Christian School

Receptionist & Administration Staff

Kids World Educational Centre

TESTIMONIALS

Ilham Ramanda

"Personaly i know this person who develop sekolah123.com. he is hard worker and the one who you can trust to."

Atik Nur Hasanah Rahmawati

"Congratulation for creating this wonderful website,, I am sure that it will be very useful for us in teaching and learning field,,, Good wishes for the next development ,,May God bless us,,,"